Selasa, 11 April 2017

Dermawannya Abu Bakar

Malam (Al-Layl):5 -7 Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.

Banyak riwayat yang menyebutkan bahwa ayat-ayat surah al-Lail berkenaan dengan keistimewaan kedermawanan Abu Bakar Ash-Shiddiq Radhiyallahu ‘anhu. Beliau merupakan orang paling mulia di antara ummat ini setelah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam.

Beliau terkenal sebagai sosok yang sering menafkahkan hartanya di jalan Allah. Beliau sering memerdekakan budak nan tak berdaya serta lemah yang disiksa oleh pemiliknya karena beriman pada Allah. Beliau menyumbang hartanya pure untuk Allah bukan untuk kepentingan diri pribadi. Tepatnya untuk memperoleh keridhaan Allah.

Dalam sebuah riwayat Abu Qufahah (ayah Abu Bakar) berkata pada Abu Bakar : “Aku lihat engkau memerdekakan hamba-hamba yang lemah. Hai anakku, sekiranya engkau memerdekakan hamba-hamba yang kuat, pasti mereka akan membela dan mempertahankanmu.” Abu Bakar menjawab : “Wahai ayahanda, aku mengharapkan apa yang ada di sisi Allah.”

Subhanallah...

Abu Bakar tak pernah berhenti untuk menyumbang harta dan jiwa di jalan-Nya. pernah beliau menyumbangkan seluruh hartanya. Nabi bertanya , lantas apa yang ditinggalkan buat keluarganya. Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu menjawab, “Allah dan Rasul-Nya”

Subhanallah..

Semoga Allah menanamkan kecintaan dan tekad peneladanan pada para sahabat Nabi, Abu Bakar ash-Shiddiq dan semua sahabat Nabi radhiyallahu ‘anhum ajma’in

Aamiin
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar