Sabtu, 22 April 2017

Demi Masa


Masa/Waktu (Al-`Aşr) - Demi masa.  Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Menurut Ibnu Katsir, al-Ashr merupakan surat yang sangat popular di kalangan para Sahabat Nabi. Setiap kali para sahabat mengakhiri pertemuan mereka menutupnya dengan surat al-Ashr…. Mungkin itulah yang menginspirasi saat sekolah, sebelum pulang, membaca al-Ashr seperti SD ketika saya dahulu, dsb.

Syaikh Muhammad at-Tamimi rahimahullah menyimpulkan bahwa berdasarkan surat ini setiap kita wajib untuk mempelajari empat perkara dan mengamalkannya, yaitu:
1. Ilmu
2. Amal
3. Dakwah
4. Sabar

Ibnu Qoyyim : “Jika keempat martabat telah tercapai manusia, hasillah tujuannya menuju kesempurnaan hidup. Pertama : Mengetahui Kebenaran, Kedua : Mengamalkan kebenaran itu, Ketiga : Mengajarkannya (Mendakwahkannya) kepada orang , Keempat : Bersabar dalam menyesuaikan diri dengan kebenaran, mengamalkannya dan mengajarkannya. Jelas susunan keempat hal itu dalam surat (al-Ashr) ini.”

Subhanallah…

Imam Syafi’I pernah suatu ketika mengungkapkan walaupun surah al-Ashr pendek tapi menghimpun hampir seluruh isi kandungan al-Quran.
“Jika seandainya al-Quran tidak diturunkan seluruhnya dan yang turun itu hanya surat al-Ashr saja, maka itu saja sudah cukup menjadi pedoman umat manusia”

Wallahua"lam
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar