Rabu, 19 April 2017

Al -Kanud


Berlari kencang (Al-`Ādiyāt):6 - sesungguhnya manusia itu sangat ingkar, tidak berterima kasih kepada Tuhannya,

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu memaknakan ‘al-kanud’ dalam ayat 6 surah al-‘adiyat dengan ‘al-kafur’ yaitu mengingkari nikmat Rabbnya. ‘tidak ada rasa syukur’…

Sedangkan Al Hasan Al Bashri mengatakan tentang ayat 6 : “Manusia itu terus menghitung-hitung musibah. Namun melupakan betapa banyak nikmat yang telah Rabbnya beri.”

Subhanallah…

Betapa banyak nikmat Allah yang kerap dilupa dan alpa untuk disyukuri dalam hidup ini. Padahal Manusia sendiri adalah saksi untuk dirinya sendiri ketika dalam keadaan tidak bersyukur. Penyaksian itu tidak akan terjadi bila tidak ada sesuatu yang lebih tinggi dari nafsu yang rendah. Namun, kerap hawa nafsu yang rendah kita, yang kerap menyangkal, meragukan, berubah-ubah sesuai keadaan.

Subhanallah..

Sebagian Manusia juga sangat terikat dengan harta, sangat cinta pada harta, sangat bakhil. Mudah terbuai dunia, selalu ingin menumpuknya bahkan menjadi budaknya.

Lupa bersyukur atas beragam nikmat yang diterima, lantas hatinya terus terbuai dunia. Apakah manusia lupa dengan apa yang akan ia dapatkan atas kelalaiannya itu?

Karena itu, ayat-ayat al-‘Adiyyat berisi hikmah berupa motivasi untuk zuhud pada dunia dan bersemangat menggapai akhirat...

Semoga kita memiliki sifat Qona’ah, zuhud, Ridha, suka bersyukur dan menempatkan dunia cukup di tangan tidak di hati...
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar