Kamis, 22 Desember 2016

Naik Kendaraan

One Day One 'Ain
Qs az-Zukhruf : 1-15

Az-Zamakhsyari saat mentadabburi ayat ke 13-14 surah Az-Zukhruf
“…Maha Suci Allah Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.” (QS Az-Zukhruf ayat 13-14)

Mengatakan , “Orang mukmin yang membaca ayat ini hendaknya memohon perlindungan dari perbuatan orang-orang yang berkata kepada teman-temannya : “Ayo kita bersantai dengan kuda atau perahu.” Lalu mereka naik sambil membawa botol minuman keras dan alat musik. Mereka terus minum di atas kendaraan yang melaju sampai teler. Mereka tidak mengingat apa-apa selain setan dan tidak melaksanakan perintah siapa-siapa selain perintah setan.”

Sedangkan dalam kesempatan lain beliau mengatakan, “Naik kendaraan berarti melakukan sesuatu yang beresiko dan berhubungan langsung dengan potensi kematian. Karena itu seharusnya orang yang naik kendaraan tidak lupa bahwa ia akan kembali kepada Allah dan tidak bisa lepas dari Qada-Nya. Ia harus mengingat hal itu di dalam hatinya dan mengucapkannya melalui lisannya agar ia siap berjumpa dengan Allah secara sadar.”

Subhanallah..

Kendaraan-kendaraan manusia, baik dari binatang ternak maupun buatan manusia adalah nikmat dan karunia dari Allah. Oleh karena itu, hendaknya manusia bijak dalam menentukan tujuan perjalanan serta mengingat Allah saat perjalanan.

Adapun doa naik kendaraan dan beberapa doa sepanjang perjalanan :

Doa naik kendaraan:
Bismillaah, Alhamdulillaahi { Subhaanalladzii sakhkharalanaa hadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina, wainnaa ilaa Rabbinaa lamunqalibuun } Alhamdulillah (3x), Allahu Akbar (3x) SubhnakAllahumma Inni Dzolamtu Nafsi Faghfirli, Fa innahu Laa yaghfirudzdzunuuba Illa Anta

“Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesung-guhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x) Maha Suci Engkau, ya Allah! Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (al-Hadist)

Takbir dan Tasbih sepanjang perjalanan:
Dari Jabir Radhiallahu’anhu, dia berkata: “Kami apabila berjalan naik, membaca takbir, dan apabila kami turun, membaca tasbih.”

Apabila Binatang atau kendaraan tergelincir : membaca “Bismillah”

Dan doa-doa lain yang dapat dilihat di beberapa hadist lain..

Semoga Allah senantiasa membantu kita untuk senantia mengingat-Nya dalam semua keadaan kita di manapun kita berada. Dan Jauh dari tujuan perjalanan yang jelek dan tidak bermanfaat.

Aamiin

Wallahu’alam

Akh ishlah al-Medaniy
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar