Kamis, 29 Desember 2011

Just Be Your Super Self...


Salah satu sumber mata air kebahagiaan dan keceriaan ataupun salah satu pintu masuk menujunya ialah ketika kita menjadi diri sendiri,, just be your self.
Yakni keyakinan dengan potensi, bakat, strength dan karakter istimewa serta unik yang kita miliki…

Berdasarkan keterangan-keterangan baik aqli dan naqli pun sudah ada bahwa memang tidak ada satu pun manusia yang identik sama, sekalipun kembar. Itu berdasarkan ilmu perngetahuan dan penelitian. Begitupun keterangan dalam ayat al-Quran surah al-Maidah ayat 48..
Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan.

So, perbedaan karakter pada hakikatnya merupakan anugerah dari Allah. Dan setiap karakter, ataupun kelompok bekerja sesuai bentukannya… Kulluyya’malu ‘ala syakilah..
Syakilah bisa berarti bentukan-Nya ataupun sesuai dengan desain yang ditetapkan oleh Maha Pencipta bagi orang tersebut….

Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam pun bersabda ,”Kullun muyyassarun lima khuliqolahu” setiap orang itu dibuat mudah untuk melakukan sesuatu yang diciptakan untuk dia. (HR Bukhori)

Inilah yang disebut bakat atau potensi pribadi yang ada di tiap diri. Contohnya, Jika ada yang berpotensi jadi pengusaha niscaya dia akan mudah jadi itu. Begitu juga, bidang-bidang lain… So, janganlah ragu ataupun bimbang…..

Ingatlah perkataan Aidh al-Qarni
“Anda adalah sesuatu yang berbeda dengan lainnya. Tidak pernah ada sejarah yang mencatat orang seperti Anda sebelumnya dan tidak akan ada orang seperti Anda di dunia ini pada masa yang akan datang.”

So,, janganlah hidup di bawah bayang-bayang orang lain…

Jika kita berkumpul dengan orang-orang yang pintar pada satu bidang tertentu yang bukan keahlian kita. Janganlah kita memaksakan diri. Karena itu justru hanya akan menghilangkan kelebihan yang ada dalam diri kita. Kita hanya akan berputar-putar, berkutat di kelemahan hingga akhirnya kita tidak bisa melangkah lebih jauh…

“Jika kamu mengabaikan keunikan kamu dan mencoba untuk memenuhi kebutuhan semua orang, kamu langsung melemahkan apa yang membuat kamu itu ‘berbeda’.”

Mungkin satu faktor yang membuat kita tidak ingin jadi diri kita sendiri adalah adanya keinginan untuk dapat pujian manusia. Ingin popular. Nah, kalau itu terjadi , tandanya ketidakjujuran mulai menerpa kita… oleh karena itu mari kita jauhi…

Membuat diri terkenal, itu bukan tujuan hidup. Kita hanya disuru
h berbuat semaksimal mungkin. Kalau saja niat sudah salah, hasilnya pun jadi gak maksimal… nanti kalau niat kita ingin terkenal gak segera tercapai, kita hanya bisa larut dalam kesedihan… kandas… jadi mari jangan kita jadikan tujuan hidup seperti itu….


Aidh al-Qarni berkata
“Jangan berambisi mencapai popularitas karena tabiat tersebut adalah indikasi dari kekeruhan jiwa, kegelisahan dan keresahan.”

Seburuk apapun,, sekecil apapun prestasi kita,, hargailah itu…!!! Karena semua itu adalah hasil kerja keras, kejeniusan otak dan kreativitas kita……

Bahagia sekali orang yang ikhlas. Gak cari muka dan gak ingin popular. Jika masyarakat tak menghargai karyanya, biasa aja. Karena memang bukan itu tujuan akhir hidupnya.. toh Allah telah berfirman “Kebanyakan manusia tiada mengetahui”… so, berarti kan memang sedikit orang yang paham dan mencoba untuk memahami…..

Namun itu bukan berarti bahwa kita jadi sok suci pulak dan lebih hebat dari orang… Bila karya atau kerja dihargai pun janganlah pula membuat kita lupa diri dan sombong….

"maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa. "(QS an-Najm 47)

so,,, just be your super self…..

kembangkan bakat dan keikhlasan mengakar kuat

Love What You Do and Do What you Love

Salam ceria
^_^
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar