Kamis, 29 Desember 2011

Yang Menambah Kecintaan kepada Allah...

Mungkin sering kita merenung akan banyaknya maksiat daripada taat, salah satu penyebabnya ialah kurangnya cinta kita Allah.

Dalam Madarijus Salikin, Ibnu Qoyyim al-Jauziah menyebutkan ada beberapa sebab yang dapat mendatangkan cinta kepada Allah.

  1. Membaca al-Qur’an dengan mendalami dan memahami makna-maknanya, seperti yang dikehendaki, tak berbeda dengan menelaah buku yang harus dihapalkan seseorang, agar dia dapat memahami maksud pengarangnya.
  2. Taqarrub kepada Allah dengan mengerjakan sholat-sholat nafilah setelah sholat fardhu, karena yang demikian ini bisa menghantarkan seorang hamba ke derajat orang yang dicintai setelah dia memiliki cinta.
  3. Senantiasa mengingat dan menyebut asma-Nya dalam keadaan bagaimana pun, baik dengan lisan dan hati, saat beramal dan di setiap keadaan. Cinta yang didapatkannya tergantung dari dzikirnya ini.
  4. Lebih mementingkan cinta kepada-Nya daripada cintamu pada saat engkau dikalahkan bisikan hawa nafsu.
  5. Mengarahkan perhatian hati kepada asma’ dan sifat-sifat Allah, mempersaksikan dan mengetahuinya. Siapa yang mengetahui Allah melalui sifat, asma’ dan perbuatan-Nya, tentu dia akan mencintai-Nya. Karena itu orang-orang semacam Fir’aun dan golongan Jahmiyah menjadi perintang jalan antara hati dan Allah.
  6. Mempersaksikan kebaikan, kemurahan, karunia dan nikmat Allah yan zhahir maupun yang bathin, karena yang demikian ini bisa memupuk cinta kepada-Nya.
  7. Kepasrahan hati secara total di hadapan Allah.
  8. Bersama Allah pada saat Dia turun ke langit dunia, bermunajat kepada-Nya, membaca kalam-Nya, menghadap dengan segenap hati, memperhatikan adab-adab ubudiyah di hadapan-Nya, kemudian menutup dengan istighfar dan taubat.
  9. Berkumpul bersama orang-orang yang juga mencintai-Nya secara tulus, memetik buah-buah yang segar dari perkataan mereka, sebagaimana memetik buah yang segar dari pohon, tidak berkata kecuali jika merasa yakin perkataannya mendatangkan mashlahat, menambah baik keadaanmu dan memberi manfaat bagi orang lain.
  10. Menyingkirkan segala sebab yang dapat membuka jarak antara hati dan Allah.

Ada hal yang tidak kalah pentingnya dari semua itu, yaitu mempersiapkan ruh untuk mencapai keadaan ini dan membuka mata hati.

Semoga Cinta kita kepada Allah semakin hari semakin bertambah. Amin.

Moga bermanfaat

ayo berusaha...

Kitabatu at-tilmidz

Ishlah al-Medaniy

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar