Sabtu, 29 April 2017

Pertolongan


Pertolongan (An-Naşr): Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.

Dalam suatu riwayat dikemukakan, ketika Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam memasuki kota Mekkah pada waktu Fathu Mekkah, Khalid bin al-Walid diperintahkan memasuki Mekkah dari jurusan dataran rendah untuk menggempur pasukan Quraisy (yang menyerangnya) serta merampas senjatanya setelah memproleh kemenangan. Maka berbondong-bondonglah kaum Quraisy masuk Islam. Surah An-Nasr turun berkenaan dengan peristiwa Fathu Makkah, sebagai perintah untuk memuji syukur dengan memahasucikan Allah atas kemenangan yang telah diraih dan meminta ampunan atas segala kesalahan yang telah dilakukan.

Subhanallah..

Surah ini mengandung makna bahwa pertolongan Allah akan selalu hadir. Nah, saat sudah dijanjikan pertolongan (Nasr) tentunya secara otomoatis kemenangan (Fath) pun terjanjikan. Kapan Pertolongan Allah datang? Tentunya kala Ummat Islam ‘memantaskan’ diri mendapat pertolongan-Nya dan tidak berprasangka buruk pada-Nya serta berputus asa. Nah, ketika kemenangan telah tercapai pun , muslim diperintah bertasbih, bertahmid dan beristighfar.

Surat an-Nasr juga merupakan isyarat bahwa tugas kenabian sudah hampir selesai di dunia dan tidak lama lagi Nabi akan dipanggil kehadirat Allah. Karena itu, beberapa sahabat Nabi yang paham seperti Abu Bakar atau Abbad bin Abdul Muthalib menangis kala banyak sahabat lain bergembira kala mentadabburi ayat ini. “Mengapa menangis paman?” Tanya Nabi kepada Abbas. Beliau menjawab, “Ada isyarat pemberitahuan waktumu telah dekat!!”. “Tepat apa yang paman sangka itu.” Jawab Nabi. Dan beberapa hari sesudah dialog itu (Menurut keterangan Muntaqil 60 hari), berpulanglah Nabi kehadirat Ilahi Robbi.

Sedang menurut riwayat lain bahwa Umar sangat bergembira kala mendengar berita kemenangan Ummat islam ini setelah sudah beberapa lama ditindas, namun Abu Bakar menangkap pesan lain atas turunnya surah ini. Dibalik pesan gembira akan datangnya kemenangan, ada pesan tersembunyi yaitu agar Rosul banyak beristigfar dan bertasbih. Kenapa begitu? Karena umat manusia telah masuk islam secara berbondong-bondong, itu artinya tidak lama lagi, Rosul akan kembali kepada Allah SWT.

Semoga kita tidak pernah putus asa akan pertolongan Allah, tidak lalai akan nikmat yang Allah berikan. Dan yakin bahwa ummat Islam akan menang karena Nasrullah.

Wallahua'lam
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar