Rabu, 26 April 2017

Pendusta Agama


Al-Mā`ūn : Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna.

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ayat 4-7 surat al-Ma’un turun berkenaan dengan kaum munafikin yang suka mempertontonkan sholat (riya’) kepada kaum Mukminin dan meninggalkannya apabila tidak ada yang melihatnya serta menolak memberikan bantuan ataupun pinjaman. Ayat-ayat itu turun sebagai peringatan…

Subhanallah…

Surat al-Ma’un yang terdiri dari 7 ayat, pendek, diturunkan untuk menghardik orang-orang Munafik yang ada pada masa itu, yang ‘banyak cakap’ saja. Namun, surat ini telah menjadi cambuk terus menerus bagi Ummat Islam. Sebab makin lama makin nampak banyak manusia yang memiliki sifat atau perangai yang terdapat dalam surah al-Ma’un. Mereka mengaku Islam, tetapi disadari atau tidak, sifat mereka sifat orang Munafik.

Buya Hamka mengutip Ibnu Jarir dalam tafsirnya, (dengan logat melayu) , “Begitulah orang-orang munafiq, kalau dihadapan banyak orang sembahyanglah dia serupa sangat khusyu’, tetapi kalau orang tak ada lagi, sembahyang itupun tidak dikerjakannya lagi. Tidak ada ingatan dalam hatinya buat menyambungka budi dengan orang lain, yaitu memberikan pertolongan apa yang perlu bagi yang memerlukannya.”

Subhanallah…

Kita merindukan sosok KH Ahmad Dahlan yang sering mentadabburi surah al-Ma’un lantas setelah itu mendirikan sekolah, rumah sakit dst…

Wallahua'lam.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar