Selasa, 25 April 2017

Bisa Makan dan Aman, Nikmat Besar

Suku Quraisy (Quraysh):4 - Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.

Al Hakim mengeluarkan sebuah hadist dan Al Baihaqy mengeluarkannya dari Al Hakim pada kitab Khilafiyyat dari Ummu Hani binti Abu Thalib, ia berkata : Rasul shollallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“ Allah Subhanahuwata’ala mengutamakan Quraisy dengan tujuh hal : saya berasal dari mereka, kenabian ada pada mereka, mahkamah ( pemberi keputusan ) dan pemberi minum ( bagi jama’ah haji ) adalah dari mereka, Allah Ta’ala menolong mereka atas pasukan gajah, meraka menyembah Allah Subhanahuwata’ala sepuluh tahun ( saat mana ) tidak ada yang menyembah Allah selain mereka, Allah menurunkan sebuah surat dalam Al Qur’an tentang mereka. Lalu Rasulullah shollallaahu ‘alaihi wasallam membaca “ Li iilaafi Qurasiyin….dan seterusnya.”
Imam Ibnu Katsir menyatakan hadist ini gharib ( hanya diriwayatkan oleh satu perawi dengan lafazh seperti ini )

Dalam surah al-Quraisy , kita diajak untuk melihat persatuan orang-orang Quraisy, kebersamaan mereka, ketertiban urusan mereka, dan mudahnya sumber kehidupan dan mata pencaharian mereka sebagai suatu anugerah dari Allah.

Betapa saudagar-saudagar itu pergi ke Yaman pada musim dingin, ke Syam pada musim panas dan Allah mudahkan semua itu. Semua itu agar mereka bisa memperoleh rezeki mereka dan memenuhi kebutuhan hidup mereka. Semua itu kemudahan dan kemurahan Allah ta’ala. Pertanyaannya, mengapa tidak banyak yang bersyukur dengan semua itu? Dengan banyaknya karunia Allah, hendaknya mereka menjalankan ketaatan pada-Nya, mengikuti rasul-Nya dan ikhlas menyembah-Nya. (surah ini Makkiyah).

Begitupula lah pelajaran bagi kita bahwa rasa aman dan makanan merupakan sarana kehidupan. Saat kita menerima rezeki yang lapang dan keamanan, kestabilan yang merupakan dua kenikmatan dunia terbesar , hendaknya kita untuk bersyukur kepada Allah dengan semakin taat pada-Nya.

Wallahua"lam
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar