Selasa, 02 Mei 2017

Terhindar dari Pendengkian

Waktu Subuh (Al-Falaq):5 - dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki".

Ibnu Qoyyim saat mentadabburi ayat ke 5 surah al-Falaq mengatakan bahwa penyebar panyakit ‘ain adalah pendengki jenis tertentu. Ia lebih berbahaya dibanding pendengki biasa. Oleh karena itu surat ini hanya menyebut pendengki tanpa menyebut penyebar penyakit ‘ain karena lebih umum. Sebab, setiap penyebar penyakit ‘ain pasti pendengki, dan tidak setiap pendengki adalah penyebar penyakit ‘ain. Maka apabila seseorang meminta perlindungan dari kejahatan pendengki berarti telah mencakup penyebar penyakit ‘ain. Ini adalah salah satu keumuman, kemukjizatan dan keindahan bahasa al-Quran Al-Karim.

Menurut beberapa riwayat bahwa turunnya surah al-Falaq dan An-Nas sekaligus untuk melindungi Nabi dari guna-guna, sihir , kedengkian para musuh Islam.

Adapuan beberapa keistimewaan surah ini antara lain :

“Tahukah engkau ayat-ayat yang telah diturunkan malam ini, tidak pernah ada yang menyerupainya sama sekali? Kemudian beliau mengatakan: Qul A’udzubirobbil falaq wa Qul A’udzubirobbinnas” (HR Muslim)

‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan saya untuk membaca al-Mu’awwidzat tiap selesai shalat.” (HR. Abu Dawud)

“Wahai ‘Uqbah, bacalah keduanya setiap kamu tidur dan bangun. Tidaklah seseorang bisa meminta atau berlindung dengan seperti keduanya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Khuzaimah)

Subhanallah..

Kedengkian dan sihir serta guna-guna dapat ditangkal dengan memohon perlindungan pada-Nya. Karena itu mari berlindung pada-Nya dari kejahatan-kejahatan makhluk-Nya. bahkan Al-Hasan Al-Bashri berkata : “Jahannam dan iblis beserta keturunannya termasuk apa yang telah Dia ciptakan.”

Semoga Allah senantiasa menjaga kita dari yang namanya kejahatan dan keburukan.....
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar