Kamis, 06 April 2017

Bermanfaatnya Peringatan

Yang paling tinggi (Al-'A`lá):10 -11 - orang yang takut (kepada Allah) akan mendapat pelajaran, dan orang-orang yang celaka (kafir) akan menjauhinya.

Kala mentadabburi ayat 10-11 surah al-A’la , Qatadah mengatakan, “Demi Allah, setiap orang yang takut kepada Allah pasti mengingat-Nya. dan tidak ada yang berpaling dari mengingat Allah –karena enggan terhadapnya dan benci kepada pelakunya- kecuali orang yang celaka.”

Peringatan, dakwah akan bermanfaat bagi sesiapa yang takut pada Tuhannya. Nasihat akan bermanfaat bagi yang hatinya masih hidup, jiwanya masih terdapat fitrah nan suci dan cahaya yang terang. Akan semakin teguh ketakwaan seseorang bila mendengar nasihat.

Sedang orang yang durhaka, tidak akan mendengar, memperhatikan dan memahami nasihat. Singkat kata, tidak akan tersentuh, karena hatinya mengeras, mata hatinya buta, jiwanya gelap dan tidak bisa diharapkan lagi kebaikannya.

Karena itu, dakwah dan nasihat mesti terus dihidupkan. Dan dalam proses tersebut, mesti senantiasa ingat pesan dari Ali bin Abi Tholib radhiyallahu ‘anhu

“Kamu tidak boleh berbicara kepada suatu kaum tentang sesuatu yang tidak terjangkau oleh akal mereka, karena bisa menimbulkan fitnah bagi sebagian dari mereka.”

Wallahua'lam
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar