Selasa, 15 Oktober 2013

bidadari surga

Subhanallah…
Tatkala menafsirkan ayat ke 46 surah Ar-Rahman
“Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga.” (QS Ar-Rahman ayat 46)

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata, “Allah subhanahu wa ta’ala menjanjikan surga kepada kaum
mukmin yang takut terhadap saat menghadap kepada-Nya dan melaksanakan kewajiban-kewajiban mereka.”

Subhanallah…

“Tidak ada satu pun nikmat-Mu, wahai Rabb kami, yang kami dustakan. Bagi-Mu segala pujian.”

Di dalam surga banyak pohon berdahan lembut, menghijau dan menghasilkan buah-buahan segar. Mata air segar nan mengalir di bawah istana-istana dan pepohonan. “Buah-buahan mudah dijangkau” (Ibnu Abbas). Subhanallah, Beragam kenikmatan disediakan bagi orang-orang bertakwa pada Allah. Kenikmatan yang Bahkan tak pernah terlihat, terdengar dan terbesit dalam pikiran.

“Tidak ada satu pun nikmat-Mu, wahai Rabb kami, yang kami dustakan. Bagi-Mu segala pujian.”

Salah satu nikmat yang Allah janjikan pada insan beriman dalam surga, ialah hadirnya bidadari-bidadari nan setia. Hasan saat mentadabburi ayat 56 surah ar-Rahman mengatakan, “Bidadari-bidadari itu terbatas pandangannya pada suami-suami mereka saja. Mereka tidak pernah menginginkan laki-laki lain. Demi Allah, mereka tidak suka berpakaian seronok dan tidak suka melihat laki-laki lain.”

Subhanallah..
Di atas permadani surga hadirlah bidadari nan setia, hanya memandang suami-suami mereka saja, tidak ada keinginan terhadap pria lain. Mereka tidak pernah disentuh lelaki lain.

Subhanallah..
Betapa indah janji Allah. Bidadari cantik jeita, bermata jeli, terjaga di kemah-kemah surga. Penghuni surga dan bidadari pun bersandar di bantal-bantal hijau dan permadani lembut nan indah.

Subhanallah..

“Tidak ada satu pun nikmat-Mu, wahai Rabb kami, yang kami dustakan. Bagi-Mu segala pujian.”

Betapa indah janji Allah Yang Maha Pemurah.

Bidadari surga nan Indah. Berperangai nan mulia. Mereka berdendang indah buat suaminya. Anas Radhiayllahu 'anhu : “Sesungguhnya bidadari nanti akan bernyanyi di surga: Kami para bidadari cantik disembuyikan khusus untuk suami-suami yang mulia.”

Adakah bidadari di dunia? Adakah wanita yang bersifat laiknya bidadari di dunia? Sangat sedikit. Wanita di dunia sering banyak yang menyakiti hati suami, tidak bersabar menyertainya, buka aurat, berhias di depan orang lain, sering membandingkan suaminya dengan orang lain, sering memandang lelaki lain. Karena itu, betapa nikmat bila kita masuk surga. Allah sediakan bagi lelaki beriman bidadari penyejuk hati, tercipta hanya untuknya. Subhanallah..

Allahumma inna nas ‘aluka ridhoKa wa al-Jannah...

Bahkan Bidadari surga marah pada istri yang menyakiti hati suaminya, “Tidaklah seorang istri menyakiti suaminya di dunia, melainkan istrinya dari kalangan bidadari akan berkata, “Janganlah engkau menyakitinya. Semoga Allah memusuhimu. Dia (sang suami) hanyalah tamu di sisimu; sebentar lagi ia akan meninggalkanmu menuju kepada kami”. (HR Tirmidzi)

Subhanallah..
Bagaimana pula dengan wanita beriman di surga,
Daripada Umm Salamah, isteri Nabi Shalallahu ‘alaihi wa salam, katanya (di dalam sebuah hadis yang panjang): Aku berkata, “Wahai Rasulullah! Adakah wanita di dunia lebih baik atau bidadari?” Baginda menjawab, “Wanita di dunia lebih baik daripada bidadari sebagaimana yang zahir lebih baik daripada yang batin.” Aku berkata, “Wahai Rasulullah! Bagaimanakah itu?” Baginda menjawab, “Dengan solat, puasa dan ibadat mereka kepada Allah , Allah akan memakaikan muka-muka mereka dengan cahaya dan jasad mereka dengan sutera yang berwarna putih,berpakaian hijau dan berperhiasan kuning….(hingga akhir hadis)” (riwayat al-Tabrani).

Subhanallah.. Wanita beriman dapat melebihi posisi bidadari surga. Contohnya Wanita-wanita seperti sosok Sayyidatina Maryam, Khadijah, Aisyah, Muthi’ah, Ummi Sulaim dsb.

Semoga Allah menjadikan kita orang yang takut pada-Nya, orang yang senantiasa mencari ridho-Nya , serta dengan rahmat-Nya Allah memasukkan kita ke dalam surga. Aamiin.

"Barangsiapa yang memohon Surga kepada Allah sebanyak tiga kali, Surga berkata : "Wahai Allah masukkanlah ia ke dalam Surga. Dan barangsiapa yang meminta perlindungan kepada Allah agar diselamatkan dari api neraka sebanyak tiga kali, neraka berkata : "Wahai Allah selamatkanlah ia dari neraka". (Hadits Riwayat Tirmidzi)

Ada hikmah lain sdrku??

Pembicaraan mengenai surga ialah bahasan akhir dari surah Ar-Rahman......
“Tidak ada satu pun nikmat-Mu, wahai Rabb kami, yang kami dustakan. Bagi-Mu segala pujian.”
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar