Minggu, 06 Oktober 2013

bagi yang mau

Subhanallah…
Saat mentadabburi ayat 8 surah Qaf,
“Untuk menjadi pelajaran dan peringatan bagi tiap-tiap hamba yang kembali (mengingat Allah) (QS Qaf ayat 8

Imam Ar-Razi mengatakan bahwa di sini Allah ‘Azza wa Jalla menegaskan bahwa pelajaran dan peri
ngatan itu hanya untuk hamba yang mau kembali kepada Tuhannya. Karena hanya orang seperti itulah yang mau mengambil manfaat dari pelajaran dan peringatan. Beliau menambahkan, sedangkan pada ayat sesudahnya Allah berfirman (ayat 11)

“Untuk menjadi rizki bagi hamba-hamba (Kami).” (QS Qaaf ayat 11)

Kali ini Allah subhanahu wa ta’ala hanya menyebut “hamba-hamba” tanpa batasan tertentu. Karena rizki diberikan kepada setiap orang. Hanya, orang yang kembali kepada Tuhannya memakan rizki itu seraya mengingat dan bersyukur atas karunia yang diterimanya. Sedangkan orang yang tidak mau kembali kepada Tuhannya memakannya seperti halnya binatang.

Subhanallah...
Allah hamparkan tanda-tanda Kuasa-Nya di dunia, penciptaan langit dan bumi , keindahan alam, serta semua makhluk yang ada serta semua kejadian di dunia ialah sumber hidayah bagi yang punya mata hati, dapat menjadi sarana peringatan untuk keluar dari kelalaian menuju ketaatan, agar hamba bertobat, kembali taat,tunduk pada perintah-Nya, patuh pada hukum-Nya dan takut akan siksa-Nya.

Semua keindahan, semua kesenangan, rizki, Allah bagi kepada setiap orang. Baik yang taat maupun tidak. Yang senantiasa menegakkan sholat maupun tidak, Yang mengesakan-Nya maupun durhaka mensyirikkan-Nya, wanita yang memakai hijab maupun yang mengumbar aurat, juga Allah beri rizki. Namun hanya orang yang mengingat Allah, yang taat-lah mampu menjadikan rizki itu berkah, hanya orang beriman yang dapat mengambil hikmah dalam setiap peristiwa..

Dunia ini hanya sementara, hanya tetesan air yang melekat di jari , dibanding samudera akhirat yang menanti.

Semoga Allah membuka hati kita
Aamiin
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar