Senin, 03 April 2017

Hisab Yang Mudah


Terbelah (Al-'Inshiqāq):8 - maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah,

Allah Mengingatkan kita agar insaf diri bahwa segala kerja keras, perbuatan dan tindakan kita kelak akan mendapat balasan. Apabila hasil kerja baik maka balasannya akan baik.

Dan kita senantiasa berharap semoga Allah menjadikan kita memperoleh laporan, kitab dari sebelah kanan yang berarti kita merupakan golongan yang berbahagia dan beruntung. Sesiapa yang mendapat kitab dari sebelah kanan maka hisabnya mudah, akan diperlakukan Allah dengan lembut, penuh kasih sayang dan pengampunan.

Tersebut dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Imam Ahmad dari ‘Aisyah radhiyallahu anha bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam pernah membaca “Allahumma haasibii hisaban yasiiraan” “Ya Allah hisablah aku dengan hisab yang mudah”
Maka bertanyalah ‘Aisyah kepada beliau, “Apakah yang dimaksud dengan perhitungan yang mudah itu, ya Rasulullah?

Beliau menjawab: “Akan dilihat pada suratnya itu sepintas lalu (saja), lalu dihentikan. Karena sesungguhnya sesiapa yang dihitung dengan teliti suratnya pada waktu itu, celakalah ia”

Subhanallah..
Orang yang mendapat ‘laporan’ dari sebelah kanan merupakan alamat pemeriksaan orang tersebut akan teramat mudah bak pemeriksaan orang istimewa, VIP (Very Important persons). Cuma diperiksa sepintas lalu saja, selesai.

Subhanallah..

Allahumma haasibii hisaaban yasiiraa

Ya Allah, dengan kasih sayang-Mu, hisablah kami dengan hisab yang mudah...

Wallahua"lam
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar