Jumat, 02 Agustus 2013

cerdas

Dalam suatu riwayat dikemukakan, setelah turun ayat, 44 surah al-Hijr, (Jahanam itu mempunyai tujuh pintu..), datanglah seorang laki-laki Ansar menghadap Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata: “Ya Rasulullah, aku mempunyai tujuh hamba yang telah aku merdekakan seluruhnya untuk ketujuh pintu neraka.” Ayat 17-18 surah Az-Zumar turun berkenaan dengan peristiwa tersebut, yang menyatakan bahwa orang tersebut telah mengikuti Petunjuk Allah….

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan Wal ladzinajtanabuth thaghut.. (Dan orang-orang yang menjauhi taghut) dalam ayat 17 surah Az-Zumar ialah Zaid bin ‘Amr bin Nafil, Abu Dzarr al-Ghifarri dan Salman al-Farisi yang di zaman Jahiliah telah mengaku bahwa “Tiada tuhan kecuali Allah.”

Subhanallah..

Orang yang cerdas ialah yang pandai membedakan mana yang benar atau baik dan bermanfaat atas apa-apa yang ia dengar maupun lihat dan memilih yang terbaik. Sebagaimana sahabat-sahabat Nabi yang di atas yang sudah ‘tahu’ dan yakin akan Tauhid sedari dulu, karena pengalaman dan kecerdasan mereka. Karena itu,tergeraklah mereka memegang, mengikuti dan melaksanakan perkataan yang terbaik itu. Sebagaimana juga kisah sahabat dari Ansar di atas. Segera ia mengikuti kebenaran dan pedoman itu..

DR Muhammad al-Qahthani saat mentadabburi ayat 17-18 surah Az-Zumar mengatakan Orang-orang yang berakal dan berhati bersih pandai mendengarkan sesuatu yang bermanfaat dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang terbaik, lalu mengikuti yang terbaik. Merekalah orang-orang yang berhak menerima kabar gembira dari Allah di dalam firman-Nya (Az-Zumar 17-18). Betapa besar pujian ini ! Tapi betapa parah kelalaian banyak orang dari merenungkan ayat-ayat semacam ini!

Ibnu Abbas berkata : “Didengarnya ada kata-kata yang baik dan ada yang tidak enak didengar. Maka yang didengarnya ialah yang baik, sedang yang tidak enak didengar itu tidak dipercakapkannya.”

Subhanallah…

Hikmah adalah harta yang hilang dari kaum beriman, maka ambillah di manapun menemuinya…

Wallahu’alam
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar